Rabu, 14 Januari 2009

CONTOH RPP TEMATIK SD KELAS 1

Nama Sekolah : SDN Simokerto IV Surabaya
Kelas/Semester : I/1
Tema : Diri Sendiri
Mata Pelajaran : IPA, Bahasa Indonesia, SBK, dan Matematika
Alokasi Waktu : 5 x 35 Menit (1 x pertemuan)

A. Standar Kompetensi
IPA
1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
BAHASA INDONESIA
1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi
SBK
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
MATEMATIKA
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

B. Kompetensi Dasar :

IPA
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
BAHASA INDONESIA
2.3 Mendeskipsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
SBK
4.4 Melafalkan lagu anak-anak
MATEMATIKA
1.1 Membilang banyak benda

C. Indikator :
1. Menyebutkan masing-masing kegunaan tubuh (IPA)
2. Mendeskripsikan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana (Bhs Indonesia)
3. Melafalkan lagu anak-anak yang ada hubungannya dengan anggota tubuh (SBK)
4. Menghitung jumlah bagian-bagian anggota tubuh (MTK)

D. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat menyebutkan masing-masing kegunaan tubuh (IPA)
2. Siswa dapat mendeskripsikan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana (Bahasa Indonesia)
3. Siswa dapat melafalkan lagu anak-anak yang ada hubungannya dengan anggota tubuh (SBK)
4. Siswa dapat menghitung jumlah bagian-bagian anggota tubuh (MTK)

E. Materi Ajar/Pembelajaran:
Bagian Anggota Tubuh Manusia
1. Anggota tubuh manusia
Anggota tubuh manusia yang diperkenalkan adalah yang tampak oleh mata, misalnya mata, hidung, telinga, kulit, tangan, kepala, lidah, jari tangan, kaki, dan lain sebagainya.
2. Kegunaan anggota tubuh
Beberapa contoh kegunaan anggota tubuh yaitu mata untuk melihat atau mengamati berbagai benda yang ada di lingkungan sekitar, hidung untuk mencium bau berbagai benda terutama benda yang memiliki bau menyengat, telinga untuk mendengar berbagai bunyi benda, gigi untuk menggigit atau mengunyah makanan, lidah untuk mencicipi rasa, misalnya rasa makanan yang manis, pedas, atau asin, kulit untuk merasakan permukaan benda halus, kasar, dingin, panas, dan lain sebagainya.
3. Jumlah bagian anggota tubuh manusia
Jumlah bagian anggota tubuh manusia yaitu 2 mata, 1 hidung, 2 telinga, 2 tangan, 2 kaki, 10 jari tangan kanan kiri, dan lain sebagainya.

F. Metode Pembelajaran:
Pengamatan, Mendongeng, Demontrasi, Tanya Jawab, dan Penugasan

G. Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Pendahuluan (± 1 x 35 Menit)
1. Guru mengecek kesiapan siswa, media, dan perlengkapan belajar kelas
2. Siswa mendengar cerita guru tentang manusia sebagai ciptaan Tuhan dalam bentuk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk hidup lain.
3. Dengan menggunakan gambar tubuh manusia dan model tubuh manusia, guru dan siswa menyebutkan bagian-bagian tubuh secara urut dan berulang-ulang dari kepala sampai ke kaki sambil menunjuk ke bagian tubuh tersebut.
4. Siswa mendengar aktif informasi guru bahwa masing-masing anggota tubuh mempunyai kegunaan yang berbeda-beda dan kegunaan tersebut akan diketahui siswa melalui hasil pengamatan.
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengajak siswa bertepuk tangan agar bersemangat dalam belajar.

b. Inti (± 3 x 35 Menit)
6. Siswa maju ke depan kelas secara bergantian dan menyebutkan bagian-bagian tubuh sendiri secara urut dari kepala sampai kaki.
7. Dengan menggunakan kartu bergambar tiap-tiap bagian tubuh, guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan pengamatan tentang kegunaan bagian-bagian tubuh, misalnya:
a. mata untuk melihat atau mengamati berbagai benda yang ada di lingkungan sekitar.
b. hidung untuk mencium bau berbagai benda terutama benda yang memiliki bau menyengat
c. telinga untuk mendengar berbagai bunyi benda.
d. Gigi untuk menggigit atau mengunyah makanan.
e. lidah untuk mencicipi rasa, misalnya rasa makanan yang manis, pedas, atau asin.
f. kulit untuk merasakan permukaan benda halus, kasar, dingin, panas, dan lainnya.
8. Guru dan siswa mempraktikkan kegunaan anggota tubuh dan menyebutkannya secara bersama-sama.
9. Secara bergantian, 2 orang siswa tampil di depan panggung kelas untuk menyebutkan bagian tubuh tertentu dan menyebutkan namanya. Setelah itu, saling bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan temannya tentang anggota tubuh dan kegunaannya.
10. Guru membimbing siswa menyebutkan jumlah masing-masing anggota tubuh secara berulang-ulang.
11. Berpasangan dengan teman sebangku, siswa bermain tanya-jawab dengan menghitung jumlah bagian-bagian tubuh pasangannya secara bergantian.
12. Guru dan siswa bernyanyi lagu “dua mata saya”.
13. Guru bertanya pada siswa, apa saja yang telah dipelajarinya, dan siswa menuliskannya dalam buku tulis masing-masing.

c. Penutup (± 1 x 35 Menit)
14. Siswa mendengar pesan-pesan moral guru untuk menjaga dan memanfaatkan semua anggota tubuh sebagai karunia Tuhan yang disyukuri.
15. Guru dan siswa bermain “kepala bernomor-siap”. Siswa menyebutkan nomor urut masing-masing. Guru memanggil salah satu nomor dan siswa yang nomornya dipanggil menjawab siap. Bila terlambat atau salah menjawab, siswa tersebut menceritakan apa yang telah dipelajari dan responnya terhadap proses pembelajaran.
16. Guru memberi penghargaan kepada seluruh siswa atas usahanya dalam belajar.

H. Sumber Belajar
1. Buku Siswa Kelas 1 Tematik Diri Sendiri. Halaman 11-15. Penerbit Ganesha Tahun 2007.
2. Kartu bergambar bagian-bagian anggota tubuh
3. Beberapa benda untuk kegiatan pengamatan saat praktik kegunaan anggota tubuh.
4. Gambar tubuh atau tubuh manusia.

I. Penilaian
Penilaian yang digunakan berbasis kelas dan menggunakan instrumen penilaian berikut ini.
Unjuk Kerja: Menyebutkan dan Mendeskripsikan bagian anggota tubuh.
Tes Tulis: Menjodohkan gambar anggota tubuh dan kegunaannya.

9 komentar:

yanti mengatakan...

Assalamu'alaykum wr wb.
Alhamdulillah.. saya bisa kesasar ke blog ini...
Pak.. saya ortu dari anak ABK saat ini, putri saya sudah berusia 8 tahun.. direncanakan untuk masuk SD juli'2009(sesuai pengamatan dari beberapa orang ahli yang saya temui dan juga dari guru disekolahnya (TK) maupun SD) Dalam beberapa hal.. saya masih melihat adanya keterbatasan pemahaman.. Jika diperkenankan.. saya ingin belajar dari bapak.. bagaimana cara mengajarkan materi pada putri saya.. (membantunya untuk memahami pelajaran disekolahnya nanti).. Jazakallahu khairan katsiran sebelumnya pak..
wassalammu'alaykum wr wb

Siti Furqonuayah mengatakan...

RPP sangat bagus ,tapi alokasi waktunya apa tidak terlalu lama ? 5x35 menit untuk 1x pertemuan.

Anonim mengatakan...

bagi rekan-rekan yang nyari RPP SD dengan format baru yang ada eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi bisa download contohnya di http://rppsekolahdasar.blogspot.com

Tersenyumlah Fitri mengatakan...

@bu yanti: bu yanti klw bleh tau kondisi anak ibu seperti apa?? kesulitannya bisa dceritakan lbih spesifik? mungkin saya bisa sedikit membantu kebetulan saya kuliah d jurusan Pend. Luar biasa

SD 3 Megawon mengatakan...

Ya tidak tho Bu Siti. 5x35 menit (1 x pertemuan) itu untuk satu hari belajar diselingi istirahat. Namanya saja tematik. Semua pelajaran divergen jadi satu tema. Jadi waktu segitu aku kira sudah cukup.

Anonim mengatakan...

bagus banget artikel di blog ini. salam kenal dari http://budiharso.wordpress.com

Anonim mengatakan...

Dalam no 7e : Apakah pedas itu termasuk rasa ?, bukankah rasa itu manis, asam, asin, pahit. Apakah boleh diajarkan ke anak konsep tsb ?

Anonim mengatakan...

Dalam no 7e : Apakah pedas itu termasuk rasa ?, bukankah rasa itu manis, asam, asin, pahit. Apakah boleh diajarkan ke anak konsep tsb ?

Ranto Yunawan mengatakan...

bagus sieh rppnya tapi saya rasa perlu di renov sesuai SSP sidoarjo deah pak