Kamis, 24 April 2008

Diklat Sertifikasi Guru yang Tidak Lulus Penilaian Portofolio

Pendidikan dan latihan profesional guru (PLPG) adalah suatu program yang diperuntuk bagi guru yang belum lulus di dalam sertifikasi melalui penilaian portofolio. Seperti halnya dengan PLPG tahun 2006 dan 2007, PLPG tahun 2008 direncanakan selama 90 jam atau sembilan hari. Jadwal pelaksanaan ditentukan oleh Rayon LPTK penyelenggara.

Materi PLPG mencakup materi umum tentang kebijakan pengembangan profesionalisme guru, pendalaman materi pelajaran yang belum dikuasai oleh sebagian besar peserta, pendalaman tentang pembelajaran inovatif, penilaian, penelitian tindakan kelas (PTK), penulisan karya ilmiah serta kegiatan peer teaching.

Pada pelaksanaan PLPG peserta di kelompok ke dalam kelompok guru SD, guru BK, Guru TK, atau guru Mapel yang relevan. Setiap kelompok dibagi lagi ke dalam sub kelompok yang beranggautakan paling banyak 10 orang dan diharapkan mereka saling mengenal dan saling melakukan penilaian.
Penilaian di dalam PLPG meliputi tes tertulis dari bahan modul yang diberikan dan didiskusikan selama pelatihan, penilaian sejawat yang dilakukan oleh peserta sendiri, penilaian partisipasi, penilaian praktek dan penilaian kinerja dalam forum peer teaching.

Setiap peserta akan mendapat penilaian yang sama secara objektif, aspek-aspek penilaian diberi bobot yang berbeda. Aspek yang dinilai dan diberi bobot berturut-turut Ujian praktik (40), Ujian Tulis (35), Penilaian sejawat (15), Penilaian partisipasi (10). Peserta dinyatakan lulus jika SKOR AKHIR KELULUSAN (SAK) Lebih atau sama dengan 70 (tujuh Puluh). SAK dihitung dengan mepertimbangkan skor portofolio (bobot 25) dan SAP (Skor akhir pelatihan (bobot 75). Pada periode sebelumnya skor portofolio tidak diperhitungkan di dalam penentuan kelulusan PLPG.

2 komentar:

The Hiddenleaf Shinobies mengatakan...

Salam kenal, saya Arka dari The Hiddenleaf Shinobies, Kelompok Diskusi Sains yang bergerak dalam pengembangan pendidikan sains untuk anak dari Yogyakarta.

Kami sedang punya project tilakoid, proyek not-for-profit berupa bulletin sederhana untuk para guru SD di Jogja.

saya mau minta izin memuat artikel2 mas Anwar, karena saya rasa artikel mas bagus sekali.

project tilakoid ini bisa dilihat di tilakoid.blogspot.com

terimakasih banyak sebelumnya

sincerely,
arka

garduguru mengatakan...

Mana artikel lain? Eman Ah kalau berhenti gerak! Ayo isi terus blog ini. Kehabisan amunisi Enggak Ah. Jangan cari duit terus, depresi lho nanti.
www.garduguru.com