Sabtu, 19 April 2008

Hubungan Inkuiri dan Keterampilan Proses

Penemuan ilmu pengetahuan tidak bersifat mutlak benar seratus persen, penemuannya bersifat relatif. Semua konsep yang temukan melalui penyelidikan ilmiah masih tetap terbuka untuk dipertanyakan, dipersoalkan, dan diperbaiki (Semiawan, 1992, 15).

Jika kita ingin menanamkan inkuiri dalam diri siswa, maka cara menuangkan informasi sebanyak-banyaknya ke dalam otak siswa tidaklah sesuai dengan maksud pendidikan, anak perlu dilatih untuk selalu bertanya, berpikir kritis, dan mengusahakan kemungkinan-kemungkinan jawaban terhadap satu masalah. Dengan demikian, anak perlu dibina berpikir dan bertindak secara kreatif.

Pembelajaran inkuiri adalah suatu pembelajaran yang dirancang untuk mengajarkan kepada siswa bagaimana cara meneliti permasalahan atau pertanyaan fakta-fakta. Pembelajaran inkuiri memerlukan lingkungan kelas dimana siswa merasa bebas untuk berkarya, berpendapat, membuat kesimpulan dan membuat dugaan. Suasana seperti itu amat penting karena keberhasilan pembelajaran bergantung pada kondisi pemikiran siswa.

Inkuiri memberikan peluang, ruang, dan dorongan untuk mempelajari berbagai keterampilan-keterampilan menentukan kapan saatnya memberikan suatu sentuhan, menentukan petunjuk-petunjuk apa yang tepat diberikan pada tiap siswa tertentu, menentukan apa yang tidak perlu dikatakan pada siswa, menentukan cara membaca perilaku siswa pada saat mereka bekerja menghadapi tantangan dan cara merancang suatu situasi pembelajaran bermakna dengan memperhitungkan perilaku tersebut, menentukan kapan pengamatan, hipotesis, atau eksperimen adalah bermakna, menentukan cara bagaimana memberikan toleransi terhadap keragu-raguan, menentukan bagaimana menggunakan kesalahan-kesalahan secara konstruktif, dan menentukan bagaimana membimbing siswa sehingga memberikan mereka keleluasaan kontrol atas eksplorasi mereka tanpa guru kehilangan kontrol atas kelas.

4 komentar:

raras poenya mengatakan...

asslm...saya suka dengan tulisan anda dan terkait dengan pribadi anda yang disini ditulis bahwa anda suka pada pembelajaran inovatif...saya juga ingin seperti itu karena sekarang saya berkecimpung didunia pendidikan insya ALLAH sevagai calon pendidik

agni_chute mengatakan...

ass.saya tertarik dengan blog anda.dan saya ucapkan terima ksih atas blog anda telah membantu proses penyelesaian proposal saya.bisa gak minta tolong untuk berbagi jurnal tentang keterampilan proses.saya harap bantuan anda..terima ksih sebelumnya..

cNs forever mengatakan...

ass....saya sedang menyusun skripsi..bisa minta tolong untuk menampilkan pembelajaran interaktif berbasis konsep tidk pak?? terima kasih sebelumnya

cNs forever mengatakan...

ass. pa saya sedang menyusun skripsi....boleh minta tolong menampilkan pembelajaran interaktif berbasis konsep tidak??terima kasih sebelumnya